Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 15 Maret 2021

Cerita Teman yang Kena Tipu

 Habis mengunjungi kuningan, saya dan teman saya pengin main ke kantor CSIS di tanah abang. Kantornya cukup besar. Letaknya di dalam gedung Pakarti Center. CSIS ini punya sejarah panjang di Indonesia dan termasuk salah satu lembaga Think Tank terbaik di republik ini. Di dalam kantor CSIS ada dua patung yang menarik bagi saya. Patung ini hanya menampilkan seperempat badan. Hanya dari kepala sampai pundak. "Ini patung siapa pak?" tanya saya penasaran ke penjaga kantor Pakarti.

"Oh, ini patung Pak Ali Moertopo dan Soedjono Hoemardani."

Ali Moertopo ini tokoh orde baru yang sangat disegani. Dia bapak intelejen di republik ini. Perannya terbilang sangat besar bagi orde baru sehingga bisa berkuasa selama tiga dekade. Kalau Soedjono dulu juga dikenal orang dekat Pak Harto. Pak Soedjono ini jenderal yang jadi asisten pak Harto di bidang Ekonomi dan Perdagangan. Pak Soedjono ini juga merupakan mertua dari tokoh betawi Fauzi Bowo, mantan Gubernur DKI yang dikalahkan Jokowi-Ahok.

"Wah, pantas saja CSIS begitu hebat dulunya sebagai lembaga think tank. Ternyata ada bapak intelejen dan Jendral hebat seperti Pak Soedjono di belakangnya," batin saya.

Setelah saya kagum sama dua patung tokoh hebat itu. Teman saya tiba tiba bercerita kalau ada teman kantor kita yang kena musibah. Musibah itu penipuan lewat WA. Modusnya begini: 

Si penipu kirim ke WA soal bantuan sosial tunai. Di sana ada link dan narasi yang mengatakan "Mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550.000."

Teman saya mungkin lagi lengah mengira itu benar dari BPJS Ketenagakerjaan. Karena di kantor saya dia yang memang mengurus soal BPJS kantor. Habis dia klik link pesan WA tadi. Tiba tiba kartu kreditnya kena bobol. Nominalnya cukup besar. Dan saat ini teman saya ini sedang mengurus masalah tersebut. Saya berdoa semoga urusanya cepat beres ya. 

Dan ini bisa jadi pelajaran bagi kita untuk jangan sekali kali mengklik pesan tautan atau link dari WA. Entah itu link hadiah atau semacamnya. Karena rata rata modus penipuannya ya seperti itu. Kalau kita klik, siap siap data pribadi kita nanti dicuri mereka. 

 


0 komentar:

Posting Komentar