Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Minggu, 07 November 2021

Life is Journey

Siang ini saya tiduran di sofa. Rehat sejenak setelah melakukan aktivitas pekerjaan rumah: nyapu, ngepel, dan menyiram tanaman. 

Sambil tiduran, seperti biasa saya membaca artikel di internet. Ada tulisan menarik di media investor daily soal Toto Sugiri. Toto ini boleh di bilang sebagai bapak IT di industri data center Indonesia. Dia mendirikan beberapa perusahaan data center besar seperti Telkom Sigma dan PT Data Center Indonesia.

Dari wawancara media investor daily dengan Toto Sugiri, ada hal yang saya rasa cocok untuk dijadikan inspirasi yaitu soal prinsip hidup Toto Sugiri.

Toto Sugiri memandang hidup itu sebagai sebuah perjalanan. Seyogyangnya sebuah perjalanan, itu dimulai dari satu titik ke titik berikutnya sampai ke titik akhir hidup: kematian. 

Selama proses berjalanan dari satu titik hingga titik akhir, paling tidak kita harus meninggalkan jejak atau legacy yang baik. Karena jejak itulah yang mendefiniskan siapa diri kita. 

Sebagaimana Toto Sugiri, karena passion dirinya di bidang IT, dia memaksimalkan kemampuannya untuk memberikan kemanfaatan itu bagi masyarakat. 

Kalau masyarakat merasa mendapatkan manfaat dari kemampuan kita, tentu saja mereka akan mengapresiasi. Dan bentuk apresiasi itu bermacam macam. Bisa dalam bentuk uang dan penghormatan.

Dari Toto Sugiri, paling tidak saya belajar; bagaimana saya harus menemukan keahlian yang memberi manfaat pada orang lain. Keahlian itu tidak harus seperti Toto Sugiri: di bidang IT. Keahlian itu bentuknya bisa bermacam macam sesuai dengan keahlian yang kita miliki. 

0 komentar:

Posting Komentar