Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 17 Mei 2016

Warren Buffet Beli Saham Apple US$ 1 Miliar


Warren Buffet lewat perusahaan investasinya Berkshire Hathaway kembali mengejutkan jagat investasi. Setelah pada beberapa waktu lalu dia dikabarkan ikut menawar saham Yahoo bersama Dan Gilbert pendiri Quicken Loans Inc, kini orang paling kaya nomor dua di dunia ini dikabarkan telah membeli 9,8 juta saham Apple senilai US$ 1 miliar pada kuartal I 2016.

Buffet sebelumnya dikenal sebagai value investor yang anti saham-saham teknologi. Alasanya sederhana, Bagi dia hal yang paling penting dalam investasi adalah harus memahami bisnisnya, dan dia mengaku kurang mengerti terhadap saham-saham yang berbasis teknologi. Buffet lebih suka membeli saham yang memang telah dia kenal dengan baik. Coca Cola misalnya, dia terus menyimpannya hingga kini.


Seperti dikutip Bloomberg, banyak yang mempertanyakan Keputusan Buffet membeli saham Apple. Pasalnya kondisi Apple memang lagi kurang menggembirakan. Pendapatan Apple untuk pertama kalinya mengalami penurunan sejak tahun 2013 akibat turunnya penjualan. Pada kuartal lalu, penjualan Apple turun 16% menjadi US$ 51,19 juta.

Di sisi lain, penjualan Apple juga diperkirakan akan berlanjut hingga tiga bulan ke depan. Dari 50 analis hanya dua yang menyarankan menjual saham Apple. Sementara target harga rata-rata 12 bulan menurun dari puncaknya Juli lalu, yaitu tetap di US$ 124,60, sekitar 33% di atas level saat ini.

Meski banyak kalangan yang pesimis, namun pihak Berkshire Hathaway menilai keputusan pembelian tersebut sudah tepat. Sebab, Berkshire yakin pertumbuhuan Apple ke depan akan jauh lebih baik. Apalagi pada akhir tahun ini Apple berencana untuk meluncurkan Iphone 7 yang diprediksi mampu meningkatkan pendapatan perusahaan.




0 komentar:

Posting Komentar